Apa itu OFFSET PRINTING? Part 2

Sistem Tinta

Tujuan dari setiap sistem tinta adalah untuk menempatkan lapisan seragam tinta di setiap dimensi pelat cetak. Proses litograf adalah unik karena memerlukan rol bentuk tinta untuk lulus dalam kontak dengan daerah nonimage piring tanpa mentransfer tinta untuk mereka.

goldcreative gold creative jagonya offset

sistem tinta terdiri dari beberapa elemen:

  • tinta air mancur;
  • tinta mancur rol (atau tinta pakan rol);
  • tinta induktor yang dibuat rol;
  • rol distribusi tinta;
  • bentuk tinta rol.

Tinta mancur menyimpan kuantitas tinta di reservoir dan feed jumlah kecil tinta ke rol distribusi dari roller tinta air mancur dan rol tinta induktor yang dibuat. Tinta induktor yang dibuat rol adalah roller bergerak yang bergerak bolak-balik antara rol tinta air mancur dan roller distribusi tinta. Sebagai kontak induktor yang dibuat tinta mancur roller, baik berbalik dan induktor yang dibuat adalah tinta. induktor yang dibuat kemudian ayunan ke depan untuk menghubungi tinta distribusi roller dan transfer tinta untuk itu. Pada umumnya ada dua jenis rol distribusi tinta: tinta berputar rol (roller atau pemindahan tinta), yang berputar di satu arah, dan tinta rol berosilasi (atau tinta bergetar rol), yang berputar dan bergerak dari sisi ke sisi. Rol distribusi tinta menerima tinta dan bekerja itu menjadi negara semiliquid yang seragam dikirim ke rol bentuk tinta. Lapisan tipis tinta kemudian ditransfer ke bagian gambar dari pelat litograf oleh rol bentuk tinta.

 

Tinta mancur memegang kolam tinta dan mengontrol jumlah tinta yang masuk ke sistem tinta. Jenis yang paling umum dari air mancur terdiri dari pisau logam yang diadakan di tempat dekat roller mancur. Kesenjangan antara pisau dan tinta air mancur rol dapat dikendalikan dengan menyesuaikan kunci sekrup untuk memvariasikan jumlah tinta pada rol air mancur. Printer menyesuaikan tombol atau keluar sebagai rol tinta mancur ternyata untuk mendapatkan jumlah yang diinginkan tinta. Dalam menekan sederhana, printer harus mengaktifkan sekrup ini dengan tangan. Dalam menekan modern, sekrup menyesuaikan digerakkan oleh servomotors yang dikendalikan oleh printer di konsol pers. Sehingga printer dapat melakukan penyesuaian tinta elektronik. Jika printer perlu menambah atau mengurangi tinta di daerah pelat (cetak), ia hanya perlu menyesuaikan kunci yang diperlukan untuk memungkinkan lebih atau kurang aliran tinta melalui pisau. Aliran tinta juga dapat dikontrol oleh kecepatan rotasi rol tinta air mancur.

 

Sebuah indikasi sederhana dari kualitas percetakan adalah jumlah distribusi dan bentuk rol. Semakin besar jumlah rol distribusi, lebih akurat kontrol tinta keseragaman. Sulit untuk tinta daerah padat besar di piring dengan hanya satu tinta bentuk rol. Dengan tiga (umumnya maksimum), relatif mudah untuk mempertahankan cakupan tinta konsisten hampir setiap bidang gambar di piring. Bisnis membentuk menekan, yang mencetak cakupan yang sangat sedikit, biasanya hanya memiliki satu atau dua bentuk tinta rol. Karena itu, mereka tidak bisa mencetak besar gambar padat atau layar. Lebih kecil, menekan kurang canggih juga memiliki masalah yang sama, namun, banyak menekan lebih baru saat ini sedang dilengkapi dengan lebih besar, lebih baik tinta sistem untuk memenuhi tuntutan cetak pertumbuhan konsumen.

 

Sistem peredam

Kebanyakan piring litograf berfungsi pada prinsip air dan tinta daerah reseptif. Agar tinta untuk mematuhi hanya ke daerah-daerah gambar di piring, lapisan kelembaban harus ditempatkan di atas daerah nonimage. Sistem peredam menyelesaikan ini dengan membasahi piring secara konsisten di seluruh pers run.

 

sistem peredam terdiri dari beberapa elemen:

  • air mancur;
  • air mancur rol (atau air umpan rol);
  • yang induktor yang dibuat air rol dalam sistem peredam intermiten-aliran dan slip air rol di aliran kontinu peredam sistem;
  • rol distribusi air;
  • bentuk air rol.

sistem peredam langsung mempekerjakan rol air mancur yang mengambil air dari air mancur. Air tersebut kemudian diteruskan ke roller distribusi air. Dari sini air tersebut dipindahkan ke piring mengimbangi melalui satu atau dua bentuk air rol.

 

sistem peredam tidak langsung (atau sistem peredam terintegrasi) memberi makan air langsung ke salah satu rol bentuk tinta (rol tinta yang menyentuh pelat offset) melalui roller bentuk air dalam kontak dengan itu. Sistem ini dikenal sebagai “tidak langsung” karena air perjalanan ke piring mengimbangi melewati sistem tinta dan tidak langsung ke piring mengimbangi sebagai sistem langsung dilakukan. Beberapa sistem tidak langsung akan memiliki kemampuan untuk memberi makan air ke dalam sistem tinta serta pelat offset. Emulsi baik tinta dan air kemudian dikembangkan pada bentuk rol tinta. Ini adalah salah satu alasan printer perlu tahu tentang “Penjemputan air” atau apa yang persentase air dapat diambil oleh tinta. Sistem ini juga dikenal sebagai “terpadu” sistem peredam seperti yang terintegrasi ke dalam sistem tinta. Salah satu manfaat dari sistem ini, adalah bahwa mereka tidak menggunakan selimut sehingga mereka bereaksi cepat ketika perubahan peredam yang dibuat. Salah satu umumnya menemukan jenis peredam sistem pada yang lebih baru dan lebih cepat peralatan pers hari ini.

 

sistem peredam intermiten-aliran (langsung atau tidak langsung) menggunakan roller induktor yang dibuat air untuk mengambil air dan transfer ke roller distribusi air. Kelemahan dari sistem ini adalah waktu reaksi yang lambat dalam membuat penyesuaian karena bolak-balik aksi induktor yang dibuat tersebut.

 

sistem peredam terus-aliran (langsung atau tidak langsung), yang digunakan oleh sebagian besar menekan lebih baru hari ini karena mereka tidak memiliki waktu reaksi yang lambat dari sistem peredam intermiten-aliran. Mereka tidak menggunakan roller induktor yang dibuat air tetapi menggunakan slip air rol (roller kontak dengan kedua roller air mancur dan roller distribusi, bertentangan dengan rol induktor yang dibuat air yang bergerak bolak-balik antara dua) untuk aliran kontinu. Kecepatan slip air rol mengontrol pasokan. Penggunaan alkohol pada jenis ini peredam adalah standar untuk tahun. Alkohol (isopropil alkohol) digunakan sebagai meningkat viskositas air dan membuatnya “lebih basah” sehingga transfer yang lebih mudah dari satu rol ke yang lain. Namun, alkohol pengganti seperti glikol eter, butil cellusolve, dll, yang digunakan hari ini untuk menyelesaikan tugas yang sama karena alkohol mengandung senyawa organik yang mudah menguap. Roller kekerasan juga sedang berubah untuk membantu mencapai transfer pekerjaan mudah yang sama dari air.

 

Variasi

Beberapa variasi dari proses pencetakan ada:

  • selimut-ke-selimut, metode pencetakan di mana ada dua silinder selimut per warna melalui mana selembar kertas dilewatkan dan dicetak pada kedua sisi. Selimut-ke-selimut menekan dianggap tekan menyempurnakan karena mereka mencetak pada kedua sisi kertas pada saat yang sama. Sejak pers selimut-ke-selimut memiliki dua silinder selimut per warna, sehingga memungkinkan untuk mencetak pada kedua sisi lembaran, tidak ada kesan silinder. Silinder blanket berlawanan bertindak sebagai silinder kesan satu sama lain ketika produksi cetak terjadi. Metode ini paling digunakan pada menekan mengimbangi dirancang untuk pencetakan amplop. Ada juga dua silinder plat per warna pada pers;
  • selimut-ke-baja, metode pencetakan mirip dengan lembar offset tekan; kecuali bahwa piring dan silinder tekanan yang cukup tepat. meremas sebenarnya antara piring dan selimut silinder optimal di 0.005 “; seperti pemerasan atau tekanan antara silinder selimut dan substrat. Selimut-ke-baja menekan dianggap menekan satu warna. Untuk mencetak sisi sebaliknya, web diserahkan antara unit mencetak dengan cara mengubah bar. Metode ini dapat digunakan untuk mencetak formulir bisnis, surat komputer dan iklan surat langsung;
  • variabel-ukuran cetak, proses pencetakan yang menggunakan unit dilepas cetak, sisipan, atau kaset untuk satu sisi dan selimut-ke-selimut pencetakan dua sisi;
  • keyless offset, proses pencetakan yang didasarkan pada konsep menggunakan tinta segar untuk setiap revolusi dengan menghapus tinta sisa pada drum tinta setelah setiap revolusi. Sangat cocok untuk mencetak koran;
  • kering cetak offset, proses pencetakan yang menggunakan didukung logam photopolymer piring lega, mirip dengan piring letterpress, tapi, tidak seperti percetakan letterpress mana tinta ditransfer langsung dari piring ke substrat, di kering cetak offset tinta ditransfer ke selimut karet sebelum dipindahkan ke substrat. Metode ini digunakan untuk mencetak pada injeksi kaku ember plastik, bak, cangkir dan pot bunga.

 

Langkah Kontrol Kualitas

Makalah ini secara visual diperiksa untuk memastikan tidak ada robekan atau potongan rusak kertas.

Pelat kimia diperiksa sehingga ada jumlah yang tepat dari larutan kimia diterapkan ke piring sehingga ketika silinder mengimbangi menyentuh kertas yang tidak ada noda.

Selama proses pencetakan operator harus memeriksa bahwa tidak ada corengan antara dua atau lebih lembar, di mana tinta hanya datang dari. Jika hal ini terjadi maka cepat pengeringan tinta atau kertas berkualitas lebih tinggi diperlukan.

Setelah pencetakan telah terjadi harus ada pemeriksaan untuk kualitas warna, gambar, bentuk dan jenis dan preferensi lainnya.

Kontrol kualitas tanda pendaftaran memastikan bahwa setiap warna yang dihasilkan di luar tepi bar diperbaiki segera. Sebuah pencetakan warna untuk setiap warna berarti bahwa ini bisa dengan mudah salah jika piring tidak diatur untuk presisi, berarti akan terlihat tidak fokus dan kabur.

 

dikutip dari wikipedia.org

Join the Conversation

Will not be published.